Pengunjung Website
Hari Ini: 3,181
Minggu Ini: 216,500
Bulan Ini: 1,718,164
|
Jumlah Pengunjung: 10,582,554

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lanud Supadio Berlangsung Khidmat

TNI AU.  Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Pangkalan TNI AU Supadio berlangsung Khidmat. Segenap prajurit di jajaran Lanud Supadio mengikuti upacara tersebut yang rutin diperingati setiap tahunnya dan dilaksanakan di Main Apron Lanud Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar pada Sabtu, (1/6/2024).

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, dipimpin Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Supadio Kolonel Pnb I Gusti Ngurah Adi Brata mewakili Komandan Lanud Supadio Marsma TNI Reka Budiarsa sekaligus membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (Kepala BPIP RI) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. Bertindak selaku Komandan Upacara (Danup) Kapten Tek Suwoto dan pembaca Pembukaan UUD 1945 Serda Pramudita. Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengusung tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.

Kepala BPIP RI dalam pidatonya mengatakan kita patut bersyukur sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.  

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa, untuk bangsa Indonesia. Pancasila mengandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong- royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” jelas Kepala BPIP RI.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, lanjut Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  

“Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Dan sebagai lietstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini,” tambah Kepala BPIP RI.

Diakhir pidatonya, Kepala BPIP mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong-royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.   

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa di kancah dunia,” pungkas Kepala BPIP RI. 

Turut hadir pada upacara ini para Kepala Dinas (Kadis), para Komandan Satuan (Dansat), para Kepala Seksi (Kasi) serta segenap personel dijajaran Lanud Supadio, Yonko 465 Kopasgat, Denhanud 473 Kopasgat dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).