Pengunjung Website
Hari Ini: 14,347
Minggu Ini: 227,612
Bulan Ini: 1,729,276
|
Jumlah Pengunjung: 10,593,666

Penataran Kesadaran Bela Negara (PKBN) digelar di Lanud Adisutjipto

TNI AU. Danlanud Adisutjipto Marsma TNI M. Yani Amirullah dan Paban III Spotdirga Kasau Kolonel Sus Kodrat Maliki mewakili Aspotdirga Kasau, membuka secara resmi Penataran Kesadaran Bela Negara (PKBN) di Gedung Serbaguna Adisutjipto, Rabu (10/2/2021).

Penataran Kesadaran Bela Negara (PKBN) akan dilaksanakan selama 2 hari, mulai tanggal 10 s.d 11 Februari 2021, diikuti oleh 70 orang peserta terdiri dari perwakilan mahasiswa UGM, STTA, STTKD, SMK Penerbangan, Kelompok Tani, KSJ, anggota Babinpotdirga Lanud Adisutjipto, serta dari Saka Dirgantara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kadisops, Kadispers, Kasibinpotdirga, serta pejabat terkait lainnya.

Aspotdirga Kasau dalam sambutan tertulisnya mengatakan bahwa TNI AU selain mempunyai tugas pokok sebagai penjaga kedaulatan Matra udara juga mempunyai tugas lain berupa membina potensi dirgantara serta mengembangkan dan mengoptimalkan potensi dirgantara.

“Oleh karena itu, Lanud diharapkan bisa membina generasi muda di wilayahnya untuk mengembangkan aspek dan potensi dirgantara untuk bisa membantu dan mendukung tugas pokok TNI AU dan mempunyai kesadaran untuk bela negara,” jelasnya.

Sementara itu Komandan Lanud Adisutjipto dalam sambutannya mengatakan bahwa Bela negara, merupakan tanggung jawab semua warga negara dalam rangka ikut menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Lebih lanjut Komandan Lanud menambahkan, penyelenggaraan Penataran Kesadaran Bela Negara dimaksudkan untuk meningkatkan dan mewujudkan warga negara yang memiliki tekad, sikap dan tindakan yang mampu mengedepankan kepentingan bersama dengan dilandasi rasa cinta tanah air serta kesadaran bela negara yang tinggi.

Bertindak selaku Narasumber dalam kegiatan tersebut: dari BNNP DIY (Bapak Hery Santoso), BINDA DIY (Wakabinda-Kombes Pol Yusuf Saprudin), Puspotdirga Mabesau (Kolonel Tek Jeffry), dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD)-BPP Bapak Marjoko.

Selama mengikuti penataran yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, para peserta akan mendapat berbagai materi antara lain tentang ancaman bahaya Narkoba bagi keluarga dan generasi muda, pengaruh Radikalisme dan Terorisme, Pembekalan tentang pentingnya Komponen Cadangan, serta pengembangan budidaya pertanian untuk Ketahanan Pangan.

[caption id="attachment_177665" align="alignnone" width="300"]Penataran Kesadaran Bela Negara (PKBN) digelar di Lanud Adisutjipto Penataran Kesadaran Bela Negara (PKBN) digelar di Lanud Adisutjipto[/caption] [caption id="attachment_177666" align="alignnone" width="300"]Penataran Kesadaran Bela Negara (PKBN) digelar di Lanud Adisutjipto Penataran Kesadaran Bela Negara (PKBN) digelar di Lanud Adisutjipto[/caption]