Pengunjung Website
Hari Ini: 5,265
Minggu Ini: 340,449
Bulan Ini: 1,342,025
|
Jumlah Pengunjung: 12,555,789

Panglima TNI: TNI Bersama Polri dan Masyarakat Siap Amankan Dua Agenda Politik Nasional

TNI AU.  Dalam waktu dekat, dua agenda politik nasional akan terlaksana yang sangat menentukan kewibawaan Pemerintah dan keberlanjutan pembangunan. TNI bersama Polri dan semua komponen masyarakat berkomitmen untuk mengamankan dua agenda tersebut agar terjaga stabilitas nasional.

 

Demikian yang disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., yang dibacakan Danlanud Sam Ratulangi Marsma TNI Antariksa Anondo, S.E., M.Tr.(Han)., pada Upacara Bendera 17an di Lapangan Dirgantara Lanud Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Kamis, (17/10/2024).

 

Kedua agenda politik tersebut yaitu suksesi kepemimpinan nasional berupa pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih pada tanggal 20 Oktober mendatang serta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 37 Provinsi dan 508 Kabupaten/Kota yang akan berlangsung pada bulan November 2024.

 

“Mari bersama-sama mengamankan jalannya pelantikan tersebut serta memastikan proses transisi pemerintahan berjalan dengan tertib dan lancar,” jelasnya.

 

Mengenai Pilkada serentak, Panglima TNI mengingatkan kembali bahwa TNI harus netral, karena komitmen netralitas TNI merupakan wujud nyata TNI tidak berpolitik praktis.

 

“Tugas TNI dalam Pilkada yaitu membantu Pemerintah dalam penyelenggaraannya dan membantu Polri dalam pengamanan setiap tahapannya,” ujarnya.

 

Menindaklanjuti informasi dan perkembangan situasi di beberapa daerah, Panglima TNI menekankan untuk melakukan pemetaan potensi kerawanan di wilayah masing-masing, melakukan mitigasi potensi ancaman, dan jalin komunikasi serta sinergitas TNI Polri, instansi, tokoh masyarakat, serta susun rencana kontijensi pengamanan logistik Pilkada.

 

Diakhir sambutannya, Panglima TNI mengajak seluruh prajurit TNI senantiasa menjaga soliditas dan kekompakan TNI, kemudian perkuat hubungan TNI dengan rakyat karena kemanunggalan TNI Rakyat adalah kekuatan pertahanan nasional dari berbagai ancaman.