Pengunjung Website
Hari Ini: 5,264
Minggu Ini: 163,578
Bulan Ini: 1,665,242
|
Jumlah Pengunjung: 10,529,632

Pangkoopsud III Hadiri Bali Regional Air And Space Power Forum 2024

TNI AU. Bali. Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III Marsda TNI Benny Arfan, M.MP., MMDS., MSS., menghadiri Bali Regional Air and Space Power Forum 2024 di Bali Nusa Dua Convention Centre, Bali, Selasa (17/9/2024).

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., mengapresiasi gelaran Bali Regional Air and Space Power Forum 2024, hal ini menurutnya, agar negara-negara yang hadir dapat bertukar pengalaman, pengetahuan, teknologi dan solidaritas global dalam menghadapi bencana.

Kasau juga mengatakan diperlukan usaha bersama dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan dalam menanggulangi bencana. 

"Indonesia sebagai negara yang terletak di area cincin api pasifik  memiliki banyak pengalaman dalam menangani bencana alam dan pengalaman tersebut harus dibagikan kepada dunia," ungkap Kasau

Ditambahkannya, teknologi aerospace telah menjadi secerca harapan untuk meningkatkan keamanan dan tanggap bencana. Teknologi yang mutakhir seperti real-time satellite monitoring dan unmanned aerial vehicle (UAV) memainkan peran penting dalam merespon untuk menyelamatkan nyawa.

Forum dengan tema "Security For All: The Future of Aerospace Technology and Its Role in Humanitarian Assistance and Disaster Relief (HADR) Operations" menghadirkan narasumber seperti Head of Region Asia Pacific Airbus Defence and Space Zakir Hamid, Coordinator of HADR Programme and Senior Fellow NTS Centre RSIS NTU, Dr. Alistair D. B. Cook, dan US Pacific Airforce Representasion Colonel Richard.

Selain itu hadir juga Pengamat Pertahanan dan Politikus Indonesia, Andi Widjajanto, S.Sos., M.Sc., Ph.D., Direktur Pemetaan dan Evaluasi Resiko Bencana Badan Penanggulangan Bencana Dr. Udrekh dan Head of Research Center For Satellite Technology National Research and Innovation Agency, Dr. Ing. Ir. Wahyudi Hasbi.