Pengunjung Website
Hari Ini: 44,823
Minggu Ini: 203,137
Bulan Ini: 1,704,801
|
Jumlah Pengunjung: 10,569,191

Meriahkan HUT Ke-78 TNI, Lanud Adi Soemarmo Selenggarakan Pagelaran Wayang Kulit

TNI AU. Surakarta. Lanud Smo. Turut memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-78 Tentara Nasional Indonesia, Lanud Adi Soemarmo menyelenggarakan Pagelaran Wayang Kulit yang berlangsung di lapangan Dirgantara. Jumat (6/10/2023)
"Pagelaran wayang kulit yang diselenggarakan ini sebagai wujud kepedulian dari jajaran TNI untuk turut nguri-nguri seni budaya warisan leluhur agar tetap Lestari sehingga generasi penerus bangsa nantinya tetap mengenal dan memahami ajaran adiluhung dari warisan budaya. "Demikian yang disampaikan Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsma TNI Ridha Hermawan, S.H., M.Han., saat membuka pagelaran wayang kulit.
Tampil sebagai dalang dalam Wayang kulit ini Ki Margono Prasetyo dengan mengambil lakon "Bimo Krido " yang mengisahkan tentang Bima mulai dari lahir hingga menjadi Brahmana di pertapaan Arga "kelase dengan nama Begawan Bima Suci. Kisah ini mengandung makna berbuat atau bertindak kebaikan yang dapat bermanfaat untuk nusa dan bangsa," lanjut Danlanud.
Pada kesempatan tersebut, sebelum pagelaran wayang dimulai, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., memberikan sambutannya yang disaksikan oleh seluruh penonton secara vicon dan menyampaikan bahwa kegiatan Wayang ini diselenggarakan secara serentak di 78 wilayah baik dalam negeri maupun luar negeri, mudah-mudahan bisa memberikan hiburan pada seluruh masyarakat dan juga wujudwujud kebersamaan TNI dengan masyarakat.
Pagelaran wayang kulit yang digelar secara serentak di jajaran TNI ini disaksikan oleh masyarakat sekitar Lanud Adi Soemarmo yang terlihat sangat antusias. Dalam acara tersebut Danlanud menyerahkan wayang "Arjuna" secara simbolis kepada dalang.
Di akhir acara, di hadapan para penonton Komandan Lanud menyampaikan agar selalu mempertahankan budaya luhur seperti wayang ini dan "apresiasikan warisan budaya luhur kita yang ada didepan mata, jangan sampai kita berada jauh kita baru merindukannya", pungkas Danlanud.
 Hadir dalam acara tersebut Komandan Depohar 50, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 3 Lanud Adi Soemarmo Gab. Kodiklatau beserta pengurus, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 7 Gab III Depohar 50, para pejabat TNI Polri Kabupaten Boyolali dan Sukoharjo, para pejabat Muspida jajaran Boyolali dan SukoharjoSukoharjo, GM. PT. Angkasa Pura 1 Adi Soemarmo dan pimpinan Bank BNI.
[caption id="attachment_351150" align="alignnone" width="300"]Meriahkan HUT Ke-78 TNI, Lanud Adi Soemarmo Selenggarakan Pagelaran Wayang Kulit Meriahkan HUT Ke-78 TNI, Lanud Adi Soemarmo Selenggarakan Pagelaran Wayang Kulit[/caption]