Pengunjung Website
Hari Ini: 6,604
Minggu Ini: 219,923
Bulan Ini: 1,721,587
|
Jumlah Pengunjung: 10,585,977

Menjelang HUT TNI ke-79, Satuan TNI di Batam Gelar Baksos Operasi Katarak

TNI AU.  Satuan TNI di Batam yang terdiri dari Lantamal IV Batam, Kodim 0316/Batam, Lanud Hang Nadim, Yonif Ryder 136/TS, Yonif 10 Mar/SBY, Yonmarhanlan, dan Denpom 1/6 Batam menggelar Bakti Sosial berupa Operasi Katarak gratis di Rumah Sakit Budi Kemuliaan. Kamis, (19/9/2024).
Kegiatan yang berlangsung dalam rangka HUT ke-79 TNI ini diikuti oleh 216 yang telah mendaftar, dengan 103 orang menjalani proses screening. Dari jumlah tersebut, 89 dinyatakan layak untuk menjalani operasi. Pada 18 September 2024, sebanyak 45 pasien telah berhasil dioperasi, dan hari ini 64 pasien dijadwalkan untuk menjalani prosedur yang sama. Mereka mendapatkan pemeriksaan mata secara gratis dan bagi yang memerlukan tindakan operasi katarak, langsung mendapatkan perawatan medis dari tim dokter spesialis yang tergabung dalam dokter spesialis mata, Rumah Sakit Budi Kemuliaan, Lentera Mata Indah, serta Rumah Sakit Angkatan Laut. Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan penglihatan yang lebih baik.
Acara ini dihadiri oleh Walikota Batam yang diwakili oleh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah, drg. Roro, selain itu, hadir pula sejumlah pejabat penting dari berbagai institusi, termasuk perwakilan dari Perhimpunan Indonesia Tionghoa Kepulauan Riau, Batam Internasional Charity, Lentera Mata Indah, serta Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami).
“Operasi katarak gratis ini adalah wujud kepedulian TNI dan mitra kerja kami dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. Kami berharap kegiatan ini memberikan manfaat yang besar bagi pasien, khususnya dalam memperbaiki penglihatan mereka dan mendukung kesejahteraan hidup yang lebih baik,” ujar Letkol Pnb Sony Aji Pramono, S.T., M.I.Pol., disela-sela jalannya kegiatan.
Diharapkan kegiatan bakti sosial ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan mata, tetapi juga sebagai bagian dari upaya memperkuat hubungan antara TNI dan masyarakat.
Momentum ini menjadi penting untuk menunjukkan bahwa peran TNI tidak hanya dalam pertahanan dan keamanan, tetapi juga dalam kesejahteraan rakyat.