Pengunjung Website
Hari Ini: 944
Minggu Ini: 942
Bulan Ini: 508,437
|
Jumlah Pengunjung: 5,682,977

Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos. Jabat Komandan Lanud Silas Papare

TNI AU. Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah., S.Sos., menjabat Komandan Lanud Silas Papare menggantikan Marsma TNI M. Dadan Gunawan, S.T., M.M., CHRMP.

Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos., yang baru saja menyelesaikan pendidikan PPSA XXIV Lemhanas RI merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) Tahun 1995. Beliau pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) pada periode tahun 2020 sampai dengan 2022, Danlanud Adi Soemarmo, Solo pada tahun 2018 dan Danlanud Wiriadinata, Tasikmalaya pada tahun 2012. Memiliki latar belakang sebagai Penerbang Helikopter dari Skadron Udara 6 Wing 4 Lanud Atang Sendjaja, Bogor, merupakan alumni sekolah Penerbang angkatan 54 dan sekolah instruktur Penerbang angkatan 56, serta pernah melaksanakan tugas penerbangan di wilayah Papua pada periode tahun 1998 sampai dengan 2007.

Serah terima jabatan (Sertijab) dipimpin Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III Marsekal Muda TNI Donald Kasenda, S.T., S. I.P., M.M., bertempat di Lapangan Rugby Lanud Silas Papare, Jayapura (28/10/2023).

Dalam Upacara Sertijab tersebut, Pangkoopsud III menyampaikan bahwa, Pangkalan TNI Angkatan Udara Silas Papare merupakan ujung tombak pelaksana operasi udara TNI Angkatan Udara, yang dituntut memiliki kinerja optimal dalam pelaksanaan tugasnya. Demikian pula dengan keberadaan Lanud Silas Papare sebagai perpanjangan tantangan dari tugas dan tanggung jawab yang diemban Koops udara III di wilayah timur Indonesia, tentunya mempunyai nilai strategis, tidak saja dibidang pertahanan namun juga perannya dalam membantu pemerintah daerah dan mensejahterakan masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Di sisi lain, dikaitkan dengan luasnya wilayah Koops Udara III, mencakup kepulauan Maluku dan kepulauan Papua, disertai kondisi geografis alamnya cukup beragam pula, sehingga memiliki tantangan tersendiri yang selalu siap untuk dihadapi. Dengan wilayah yang demikian luas, tentunya Koops udara III tidak dapat melaksanakan tugas tersebut dengan lancar tanpa adanya kinerja yang baik dari satuan pelaksana dibawahnya.

"Guna menjawab tantangan tugas tersebut, Lanud Silas Papare harus senantiasa berada dalam kondisi siap operasi, guna menghadapi setiap kemungkinan kontijensi yang diperkirakan terjadi. Sehingga, eksistensi lanud silas papare menjadi suatu yang vital dan strategis, sebagai penindak dan pemukul terhadap persepsi ancaman yang paling potensial yang akan kita hadapi, baik sebagai pangkalan operasi maupun dukungan operasi. Karena itu, sebagai konsekuensinya, kesiapan operasional satuan dan personel merupakan hal yang mutlak harus dilakukan untuk keberhasilan setiap misi yang diemban Lanud Silas Papare," ujar Pangkoopsud III.

Berdasarkan Telegram Panglima TNI Nomor Kep/1127/X/2023, tanggal 2 Oktober 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, Marsma TNI M. Dadan Gunawan, S.T., M.M., CHRMP., mendapatkan jabatan sebagai Pati Sahli Kasau Bid. Polhukam Sahli Kasau.

Di waktu dan tempat yang sama, dilaksanakan serah terima jabatan Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 3/D.III Lanud Silas Papare dari Ny. Eggy Dadan Gunawan kepada Ny. Laely Indan Gilang Buldansyah yang disaksikan Ketua PIA Ardhya Garini Daerah III Koopsud III Ny. Meidy Donald Kasenda.(PR-09/X/2023)

[gallery ids="354499,354500,354501,354502,354504,354505"]